Wednesday, January 28, 2009

Bahasa Daerah

Bicara mengenai bahasa daerah emang memprihatinkan yaaa....Coba aja sekarang lumayan banyak anak2 muda yang ga ngerti bahasa asalnya mereka (bahasa daerah).
Jangankan orang lain sepupu2ku aja udh jarang pake bahasa Sunda. Oiya aku emang berasal dari Sunda ^_^. Trus ponakanku juga udh pake bhs Indo utk pemakaian sehari2. Banyak yang bisa bahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya tapi berbicara memakai bahasa ibunya mereka ga bisa. Bagus banget kok anak2 muda sekarang bisa berbicara dgn beberapa bahasa internasional cuma kepengennya sih mereka can speak bahasa daerah juga. Itu kan lebih hebat lagi, setuju ga ^_^, sekaligus bisa melestarikan bahasa daerah yang ampir punah.

Makanya aq salut banget ama kedua orangtuaku (especially My Mom), yg ngajarin aq bahasa Sunda & bhs Indonesia dr kecil. Makanya kita ampe sekarang klo di rumah selalu berbahasa Sunda. My big family juga berbahasa Sunda semuanya..cuma emang anak2nya kebanyakan berbahasa Indonesia. But walopun anak2nya (it means sepupu2ku) berbahasa Indonesia, mereka ngerti kok bahasa Sunda. Tapi ya itu tadi udh jarang banget kan yg di rumahnya berbahasa daerah.

Sempet aq nanya ama Mama kyk gini " Mah gimana sih ngajarin kita2 (aq, teteh & adik) bisa bahasa Sunda and pake Sunda di rumah tapi kita bahasa Indonesia juga ngerti?" Mamaku bilang "waahh ga tau juga yaa, pokoknya ga ada cara khusus". Wah salut juga ma ortuku. Tapi sebenernya anak2nya juga hebat2 yaaa walo di rumah pake Sunda tapi diluaran bisa juga pake Indonesia ^_^. Banyak bgt kan asli Sunda tapi ga bisa and ga ngerti Sunda sama sekali. Dan hebatnya lg ortuku, mereka ngajarinnya bahasa Sunda yang halus, so kita emang ga pernah ngomong Sunda kasar. Karena itu bangga sekali aq menjadi salahsatu anak dr kedua orangtuaku ^_^.

Makanya pengen banget klo aq punya anak nanti mereka bisa berbahasa daerah (Sunda), minimal mereka ngerti and bisa bicara Sunda halus utk pemakaian sehari2. Kepengen juga utk bahasa sehari2 di rumah anak2ku ntar pake Bahasa Sunda secara aq pengen banget melestarikan Bahasa Daerah (especially Bahasa Sunda ^_^), tapi kyknya calon suamiku jg harus orang Sunda yaaa hahahaha.

- created by: tata -

No comments:

Post a Comment